Kompetensi Tentor

Kursus dan pelatihan ketrampilan wira usaha di Sanggar Berani Usaha (SBU) diasuh oleh para tentor yang sangat berkompeten di bidangnya. Selain latar belakang akademis yang menunjang, mereka juga praktisi  yang telah berpengalaman puluhan tahun menekuni usaha di bidang sesuai materi pelatihan. Dari pengalaman sebagai pelaku usaha inilah yang antara lain mendasari penyusunan silabus dan  materi pelatihan yang diberikan sehingga sangat relevan dengan keadaan dunia usaha yang sebenarnya. Beberapa dari mereka adalah:

pengajar kursus batikNurrohmad, Ssn. Sarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Alumnus SMIK Jepara jurusan Batik.
Seorang seniman multi-talenta sekaligus praktisi wira usaha berpengalaman. Pengetahuan yang ditunjang oleh pendidikan formal dan pengalaman berkarya dalam bidang perkayuan dan seni batik telah membawa beliau berpartisipasi dalam berbagai event batik dan perkayuan skala nasional. Beliau aktif sebagai nara sumber, pembicara di berbagai seminar dan workshop batik, instruktur dan tentor berbagai pelatihan batik dan kayu yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah, LSM dan institusi lainnya di berbagai wilayah Indonesia.  Nurohmad juga seorang artis pemeran pada acara demo batik, juga batik performance art.  Sehari hari beliau bekerja sebagai desainer batik, juga mengelola workshop kayu nya di kawasan Sewon Bantul, Yogyakarta.

pengajar kursus tasAdi Salmi. Wira Usahawan Tas.
Pendidikan formalnya tidak berkait dengan pembuatan tas apapun, namun julukan 'profesor tas', demikian kami menyebutnya, pantas disematkan pada beliau. Lebih dari 19 tahun berkecimpung dalam industri pembuatan tas sudah menjadi garansi berkait dengan 'ilmu tas' yang dimiliki. Selain menguasai seluruh teknik pembuatan tas, saat masih terlibat dalam industri pembuatan tas pada produsen tas fashion terkemuka di Jogja, beliau aktif bersinggungan dengan para desainer tas dari dalam maupun luar negeri. Sehingga, wawasan beliau mengenai desain tas bisa menjadi nilai tambah bagi 'murid-murid' yang belajar padanya.
Pembawaannya serius, namun beliau seorang yang asyik diajak ngobrol apapun yang berkait dengan tas, dompet, kulit, mesin jahit dan semacamnya. Saat ini, selain aktif berbagi ilmu pembuatan tas melalui Sanggar Berani Usaha, Adi juga mengelola workshop pembuatan tas miliknya di kawasan Bantul Yogyakarta.

pengajar kursus fiber resinHana Samsudin. Pendidikan formalnya adalah Sekolah Menengah Senirupa (SMSR). Seorang pekerja seni patung dan praktisi kerajinan produk dengan bahan resin dan fiberglass. Beliau telah lebih dari 25  tahun  berkecimpung dalam dunia cetak-mencetak resin dan fiberglass. Produk-produk berupa patung, relief, souvenir resin, aksesoris motor, interior rumah, produk taman dan produk resin yang lain sudah menjadi bagian dari kesehariannya. Kehidupannya tak bisa dilepaskan dari tanah liat, wax, resin, silikon, katalis, dan fiberglass. Berita baiknya, beliau seorang yang senang berbagi, termasuk membagi ilmu berharga yang dimiliki untuk orang lain.

Belum ada Komentar untuk "Kompetensi Tentor"

Posting Komentar